Hal-hal Penting saat Memilih kabel Jaringan.

Home / Tak Berkategori / Hal-hal Penting saat Memilih kabel Jaringan.

Kabel UTP adalah salah satu jenis kabel yang banyak dipakai sebagai kabel data dalam jaringan komputer, beragam jenis dan merk yang ditawarkan tentunya membingungkan dalam memilih mana kabel yang tepat untuk dipakai nanti.

Jika anda sedang merencanakan untuk membuat jaringan LAN di rumah atau menambah titik sambungan  LAN di kantor maka berikut ini adalah adalah hal-hal penting yang mesti dipertimbangkan dalam memilih kabel data jenis UTP.

1.    Unshielded Twisted Pair vs Shielded Twisted Pair, ( UTP vs STP)
UTP dan STP adalah bagian dari kabel Twisted Pair. Kabel UTP adalah kabel twisted pair yang tidak memiliki lapisan pelindung terhadap gangguan berupa interferensi medan listrik (EMI) yang datang dari luar kabel.  Berbeda dengan  kabel STP, kabel STP memiliki lapisan pelindung terhadap gangguan interferensi.
Kabel UTP umumnya lebih murah dibandingkan kabel STP dan paling sering digunakan di rumah dan kantor. Kabel STP biasanya lebih banyak dipakai pada lokasi-lokasi yang banyak terdapat gangguan interferensi dari medan listrik, biasanya di pabrik-pabrik.

2.    UTP CAT5 atau category 5
Ini adalah generasi pertama dari kabel UTP untuk computer networking . Kemungkinan besar Anda tidak akan lagi menemukan ini di toko-toko komputer. Kabel CAT5 adalah kabel yang mampu mengirimkan data dengan kecepatan hingga 100mbps dengan jarak maksimum hingga 100 meter.

3.    UTP CAT5e atau category 5e
Cat5e adalah generasi baru dari keluarga CAT5. Satu-satunya perbedaan antara CAT5 dan CAT5E adalah bahwa CAT5e dapat mengirimkan data sampai dengan 1000Mbps atau 1Gbps dengan jarak tempuh maksimun 100 meter.

4.    UTP CAT6 atau category 6
UTP category 6 terdengar lebih tinggi dari cat5 atau 5e. Sebenarnya yang membedakan Cat6 dan Cat 5 adalah frekuensi sinyal yang dipakai, Cat6 menggunakan frekuensi 250 MHz sedangkan CAT5 dan 5e menggunakan frekuensi 100 MHz. Frekuensi sinyal bukan kecepatan transfer data. Untuk kecepatan transfer data kabel UTP CAT6 kabel dapat mengirimkan data dengan kecepatan sampai 1000Mbps atau 1GBps dalam jarak  maksimum 100 meter. Namun, untuk jarak kurang dari 55 meter CAT6 dapat mencapai kecepatan 10 GBps.

5.    UTP Cat6a
Ini mungkin salah satu kabel paling umum. UTP Cat6a identik dengan CAT6, bedanya kabel UTP CAT6a menggunakan frekuensi 500MHz. Secara kecepatannya CAT6a memiliki kecepatan transfer data 10Gbps.

6.    NIC atau Network Interface card
Pastikan NIC computer dan perangkat jaringan ( hub dan switch ) secara spesifikasi kecepatannya sama dengan kecepatan transfer dari kabel yang digunakan.

7.    Jarak
Pastikan jarak terjauh yang antara komputer perangkat jaringan tidak lebih dari 100 meter, kalau bisa paling jauh 70 meter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *